Usaha Sepi Hutang Banyak? Ini Solusinya!

loading...
Tidak sedikit orang yang masuk dalam dunia perjuangan itu beruntung dan sukses, ada juga sebagian yang mengalami kegagalan. Namun semuanya saya yakin pernah yang mengalami kejadian perjuangan sepi hutang banyak, termasuk saya sendiri. Itu sangat masuk akal sahabat teman, lantaran itu sebagian dari resiko perjuangan yang kita terima dikala menjadi pengusaha. Tidak mungkin orang yang merintis perjuangan pribadi untung, kecuali orang itu mewarisi perjuangan orang tuanya.

Kalau sedang mengalami keterpurukan yang mengancam kebangkrutan usaha, rasanya memang aduh aduh gimana, ya kalau masih muda, masih ada jaminan waktu yang cukup untuk bangun lagi dan tidak ada tanggungan anak istri. Kalau sudah berumur 40 ke atas itu serasa tulang punggung geser  ke depan. Sebab keingat masa depan anak dan keluarga nantinya. 

Usaha Sepi Banyak Hutang

Alih alih untuk menutupi kekurangan modal produksi dan bangun dari keterpurukan perjuangan kadang kita malah ceroboh mengambil pertolongan uang ke bank yang justru menambah beban. Kalau ada istilah lobang tutup lobang, itu mending cuma pindah tempat. Hutang ke bank itu beda, jadi nutup lubang kecil buat lubang yang besar.

Ada juga yang tiba ke orang cendekia nyari dana gaib. Walau bisa mengatasi problem perjuangan sepi banyak hutang, tetapi tidak akan mengatasi musibah. Sebab cara tersebut justru akan menjadikan petaka kedepannya yang bukan tiba dari insan dan alam, melainkan pribadi dari Tuhan yang marah kepadamu. Camkan itu sahabat teman, kembalilah pada cahaya ridho Tuhan.

Beberapa solusi mengatasi perjuangan sepi hutang banyak

Saya disini bukan untuk mengajarkan bagaimana cara yang benar benar manjur, tapi setidaknya saya banyak sekali penalaman bagaimana saya bangun dari keterpurukan. Bisa jadi ini dongeng faktual yang sebagian terhadi dikala saya sedang mengalami keterpurukan dalam dunia usaha. Dri beberapa solusi ini saya akan bagi problem perkara tersebut dalam 3 sisi, yakni faktor internal, eksternal dan teknis.

#Faktor internal

Faktor internal ini bisa dibilang yakni sebuah wujud intropeksi diri sedalam dalamnya. Sebab apa yang kita lakukan tak selamanya baik dan mengenakan hati orang orang lain disekitar kita. Hal ini sangat mengacu pada diri kita sebagai manusia. Sudahkan taat kepada Tuhan, memuliakan orang tua, dan membahagiakan saudara dan kerabat? Kadang kita sombong dengan apa yang gres kita miliki walaupun masih kecil. Ingat, sombong seberapapun itu dihitung sebagai sifat tidak terpuji. Jauh jauhilah sifat itu.

Faktor internal juga bisa dikaitkan dengan penyebab perjuangan sepi  hutang banyak yang masih berada di internal usaha,misal karyawan. Jika karyawan senang ditempat perjuangan anda, maka anda sudah benar memanusiakan karyawan anda, tapi jikalau belum segeralah perbaiki perilaku pada karyawan2  kalian. Sebab karyawan yang tidak senang, akan berucap jelek pada perjuangan yang kita jalani.

#Faktor teknis

Kalau sudah menyangkut teknis berarti kalian harus mencar ilmu detail mengenai kompentensi bidang perjuangan kalian, dari produksi hingga pemasaran. Ada kalanya sifat insan yang berpikir pendek membuat permasalah tambah rumit, padahal hal hal penyebab perjuangan sepi itu bersifat teknis. Artinya butuh daya kreatifitas yang perlu daya pikir panjang dan dalam. Sebab, perjuangan kita bukan satu satunya, artinya kita harus kreatif, inofatip dan terdepan dalam membuat produk dan pemasaran semoga bisa bersaing.

Misal ni, kesalahan teknis kala ini yang banyak terjadi yakni banyak yang mendirikan ruko dan mini market padahal ini yakni eradigital dimana semua bisa diakses dengan internet. Artinya tidak efektif mendirikan minimarket, selain tentangan banyak, masyarakat mulai beralih dengan belanja online. Nah semoga bisa bersaing, minimarket juga perlu dionlinekan semoga bisa bersaing. Kalau tidak ya bisa sepi.

#Faktor eksternal

Walau jaman sudah maju tapi saya yakin masih banyak pemilik perjuangan yang mempunyai pegangan berupa jimat atau sejenisnya semoga usahanya besar lengan berkuasa dan tahan lama. Tapi parahnya, jikalau ada orang yang memakai ilmu ghoib dalam meruntuhkan perjuangan orang lain, bisa saja itu terjadi pada perjuangan kita yang sedang kita jalani jik ada orang yang iri, sedangkan kita tak punya penangkal atau semacamnya.

Penangkal sejatinga yakni taat kepada Tuhan, Tuhan akan melindung semua hak hak kalian didunia. Tapi jikalau anda ikut ikutan dalam bulat setan bila kalian tak cukup kuat, bisa saja  kalian dibentuk habis habisan oleh tentangan atau orang yang iri pada kalian. Tapi tidak semua keterpurukan penyebabnya yakni hal hal semacam ini. Justru sebagian besar keterpurukan timbul lantaran tingkat keseriusan dalam perjuangan sangat kecil.

Dari uraian diatas bisa diambil kesimpulan untuk tanggapan atau solusi perjuangan sepi hutang banyak adalah memperbaiki kekerabatan yang kuasa dan sesama manusia, meningkatkan daya kreatifitas layanan dan produk isaja dan harus bekerja sama dengan perusahaan lain serta bersaing dengan sehat. Saya tidak bisa menjawab secara khusus disini, lantaran keluhan setiap orang berbeda beda dengan apa yang terjadi pada usahanya. Makara ambil nilai hikmahnya saja ya, sekian. semoga bermanfaat.

loading...
Related Posts