Cara Menjodohkan Lovebird Beda Umur Secara Paksa

loading...
 Adakalanya perempuan pilihan kita ditolak mentah mentah orang bau tanah Cara Menjodohkan Lovebird Beda Umur Secara Paksa
cara menjodohkan lovebird
Adakalanya perempuan pilihan kita ditolak mentah mentah orang tua, lantaran orang bau tanah sudah menjodohkan kita dengan anak temannya. Bisa dikatakan mereka menjodohkan kita secara paksa, apalagi beda umur, beda pandangan dll. Tapi apa daya kita sebagai anak, hanya dapat patuh dan berbakti kepada orang tua. Suatu ketika nanti kalau jodoh niscaya akan dipertahankan. Begitu juga burung lovebird. Ketika mau menjodohkan  atau memasangkan lovebird satu dengan lain, kadang tidak cocok. Bisa lantaran beda warna, beda umur atau lantaran galak/liar. Sehingga tidak bertelur telur atau tidak kawin kawin. Iya kalau punya modal dapat beli lagi. Jika hanya sepasang? Tentu kita harus berlaku menyerupai orang bau tanah yang menjodohkan secara paksa. Hanya saja cara menjodohkan lovebird beda umur secara paksa beda dengan mengawinkan lovebird secara alami. Butuh tips kusus supaya cepat jodoh.

Menjodohkan burung lovebird kesayangan kita memang tidak hanya memandang bibit, bebet dan bobot (kualitas) masing masing lovebird yang akan dijodohkan. Kita perlu juga memastikan antara kedua lovebird saling ada ketertarikan. Seperti halnya cinta yang tidak mengenal apapun kecuali rasa cinta sendiri. Paarahnya, sebagian besar lovebird mania tak peduli pada hal ini, jadinya burung lovebirdnya tak kawin dan tidak menghasilkan keturunan. Walau sudah dijodohkan secara paksa namun tidak ada perubahan. Oleh lantaran itu peternak itu rugi sendiri. Padahal kita dapat melihat ciri ciri lovebird berjodoh dengan tingkal lakunya yang saling tertarik. Jika memang tidak ada gres kita menjodohkan paksa lovebird tersebut aatau mengganti pasangannya.

2 Cara Menjodohkan Lovebird Yang Umum dilakukan


Ada dua cara menjodohkan lovebird baik beda umur, beda warna maupun beda jenis. Semua sama saja, kalau ada ketertarika niscaya kita akan gampang menjodohkannya dalam satu kandang. Dua cara tersebut yakni cara menjodohkan ternak lovebird di sangkar koloni dan sangkar gantung/pasangan. Sebelum mengjodohkan pastikan lovebird kalian sudah dewasa, atau minimal 8 bulan, sehat dan tidak cacat.


1. Cara Menjdodohkan Lovebird di Kandang Koloni

Tips Perjodohan lovebird di sangkar koloni yakni cara menjodohkan loevbird secara alami. Cara ini yakni cara paling ampuh dan mudah, lantaran tanpa paksaan apapun burung lovebird akan mencari pasangannya sendiri di sangkar dengan beberapa lovebird betina yang telah disediakan. Bisa dikatakan tidak ada campur tangan penangkar. Hanya saja perlu diperhatikan kalau melaksanakan cara ini, yakni harus menyediakan beberapa betina yang unggul yang berbeda beda (secara kualitas masing masing), perbandingan jantan dan betina dan menyediakan sangkar koloni yang besar sehingga dapat menampung beberapa pasang lovebird. Berikut langkah langkah dalam perjodohan loevbird alami :

Langkah menjodohkan :

  1. Siapkan beberapa jenis lovebird betina. Misal lovebird lutino, albino, blorok ataupun lainnya. Sebelumnya sudah diseleksi secara kualitasnya dulu. Usahakan dalam satu sangkar hanya ada satu pejantan. Sebab dapat saja bertengkar rebutan kandang.
  2. Perbandingan antara pejantan dan betina seimbang 1:3 maksimal 1:5. Intinya jangan terlalu banyak supaya tidak galau milih yang mana.
  3. Biarkan selama beberapa hari atau cukup satu malam kalau sudah menunjukana tanda tanda tanda berjodoh. Tanda berjodoh itu menyerupai manusia, selalu berdekatan, pisah dengan loevbird lainnya (pasangan), kemudian ihik ihik (kawin).
  4. jika anda sudah memlihat ada sepasang lovebird yang telah berjodoh, maka pisahkan dalam kadang berbeda ketika malam hari ke sangkar ternak soliter (kandang khusus sepasang).

2. Menjodohkan lovebird dalam sangkar soliter

Kalau memang kalian hanya ternak sepasang,kalian cukup dengan cara menjodohkan lovebird satu sangkar atau dalam beda kandag yang berbeda. Siapkanlah lovebird jantang betina yang  kalian punya. Usahakan pisahkan dalam kadang berbeda namun tetap berdekatan. Lakukan beberapa hari atau hingga ada tanda tanda berjodoh. Jika sudah berjodoh tinggal masukan dalam satu kadang. Jika memang jodoh tidak usang akan ihikihik. Kemudian tidak usang akan bertelur. Pokoknya gampang kalau memang berjdoh. Lalu bagaimana kalau langkahini tidak atau belum jodoh?

3. Cara Menjodohkan Lovebird secara paksa

Cara menjodohkan lovebird secara paksa hanya dapat dilakukan ketika cara alami tidak dapat dilakukan atau belum ada tanda tanda berjodoh. Cara pemaksaan ini berbeda beda, tergantung situasi dan kondisi peternak. Perlu kalian ketahui kalau ingin menjodohkan secara paksa harus paham filososfi 'senasib sepenanggungan' . Ambil teladan ketika menjodohkan merpati dalam besek? atau wadah tertutup? Terus apakah sama ketika menjodohan lovebird secara paksa? tidak mesti. Jika burung galak tidak direkomendasikan. Sebab dapat bertarung. Lalu bagaimana? masukan pasangan tersebut dalam satu kadang, namun disekat dalam ruang berbeda. Kemudian diletakan dalam ruang gelap atau ditutup kain yang tidak mencolok. Ketika sudah ada tanda jodoh, lepaskan sekat kandang.

Pilih Cara Menjodohkan Lovebird Sesuai Kandang

Begitulah cara menjodohkan lovebird sesuai dengan kadang atau situasi dan kondisi. Lakukan secara alami dulu gres lakukan secara paksa kalau memang belum berjodoh sehingga tidak ada stress pada salah satu lovebird. Sekian, semoga bermanfaat
loading...

0 Response to "Cara Menjodohkan Lovebird Beda Umur Secara Paksa"

Posting Komentar