Usaha Ternak Entok Cepat Panen Pakai Pakan Alternatif

loading...
Usaha ternak entok memakai pakan pakan alternatif merupakan cara sukses budidaya entok cepat besar. Entok yang pertumbuhannya cepat tentu bisa cepat di panen atau dijual. Begitu juga keinginan peternak entok pun demikian, entok yang dipelihara besar besar dan bisa menghasilkan uang. Sayangnya, kebanyakan dari peternak rakyat hanya memelihara sebagai perjuangan sampingan saja, yang mungkin dipelihara sederhana dibelakang rumah dengan pakan seadannya. Padahal potensi entok sebagai entok pedaging maupun petelur cukup tinggi dikala ini sehingga bisa dikembangkan dengan cara budidaya ternak itik intensif atau modern.

Bicara soal ternak entok modern, ada dua hal yang berbeda dari cara ternak dimasyarakat. Pertama, ternak entok modern lebih intensif, artinya entok dipelihara dengan dikurung atau dikerem dengan tujuan pemeliharaan bisa dikontrol baik dari segi kesehatan dan proteksi pakan. Dengan sistem terkurung hal yang paling berkaitan berarti sangkar yang digunakan. Lalu bagaimana dengan sangkar yang sebaiknya digunakan?

Saya merekomendasikan yaitu kadang postal dan ren.

Kandang postal yaitu sangkar tertutup tanpa halaman pengumbaran, kelebihan sangkar ini yaitu tidak memerlukan lahan yang luas, hanya saja kebutuhan entok harus harus benar benar terpenuhi, biasanya digunakan untuk pembesaran atau penggemukan entok menyerupai gambar dibawah ini

 memakai pakan pakan alternatif merupakan cara sukses budidaya entok cepat besar Usaha Ternak Entok Cepat Panen Pakai Pakan Alternatif


Kandang ren, yaitu sangkar tertutup dengan halaman pengumbaran terbatas, sangkar ini yaitu sangkar yang digunakan untuk pembibitan, jadi ada sangkar kecil didalam halaman pengeumbaran terbatas tersebut untuk malam hari dan bertelur atau mengeram. menyerupai gambar dibawah ini :

 memakai pakan pakan alternatif merupakan cara sukses budidaya entok cepat besar Usaha Ternak Entok Cepat Panen Pakai Pakan Alternatif
Namun yang ditekankan pada pemeliharaan intensif bersama-sama bukan sistem terkurungnya atau kandang, melainkan proteksi pakan yang seimbang, Karena dengan sistem umbaran pun kalau pemberiannya pakan seimbang, entok bisa cepat besar.

Dengan proteksi pakan seimbang, kebutuhan pertumbuhan entok terpenuhi dengan baik sehingga pertumbuhan entok lebih cepat besar.Hanya saja problem dalam bidang peternakan yaitu materi pakan entok yang digunakan. Umumnya, masyarakat menunjukkan bekatul dan sisa nasi dipagi dan sore hari. Tentu dengan pakan tersebut entok performanya rendah alasannya yaitu kebutuhan nutrisi tidak cukup dari bekatul saja, melainkan membutuhkan beberapa materi pakan lagi biar seimbang.

Kedua, pakan yang seimbang yang diberikan ke entok membutuhkan biaya besar, artinya kitaa membutuhkan modal lagi dalam memeperoleh pakan. Padahal salah satu kesuksesan dalam beternak yaitu bisa menekan biaya pengelauran pakan harian serendah mungkin.

Kaprikornus apa solusinya...?

Kita harus menerapkan teknologi pembuatan pakan entok yang efektif untuk efisiensi pakan seerta biayanya memakai materi bahan alternatif yang murah dengan cara fermentaasi pakan. Pakan fermentasi yaitu pakanyang dibentuk dari materi bahan alternatif dengan cara fermentasi memakai , sempurna memakai mikroba pengurai pakan dengan tujuan meningkatkan nutrisi pada pakan dan meningkatkan palatabilitas (daya suka) ternak.

Bagaimana cara menciptakan pakan fermentasi buat entok?

Berikut caranya..

Bahan yang dibutuhkan :
  1. Tempat pembuatan bisa terpal ,plastik besar atau tong besar
  2. Gedebok pisang 30%
  3. Bekatul 20%
  4. Ampas tahu 20%
  5. Jagung giling 15%
  6. Nasi aking 10%
  7. Gula pasir 5% atau secukupnya
  8. Suplemen organik untuk fermentasi, bisa soc, em4 dll, bisa dibeli di toko pertanian

Langkah - langkah pembuatan
  1. Persiapan sebelumnya yaitu perbanyakan soc dengan cara mencampur gula pasir dengan soc 
  2.  nasi aking drendam air biar mengembang
  3. Cacah gedebok pisang hingga menjadi cacahan kecil hingga bisa ditelan oleh entok
  4. Campurkan semua materi yang telah disiapkan menyerupai jagung giling , ampas tahu , bekatul , dan gedebok pisang 
  5. Setelah semua tercampur , semprotkan materi tadi dengan larutan SOC - HCS + GULA PASIR yang sudah dilarutkan semalaman , Semprot secara merata
  6. Setelah penyemprotan dilakukan , aduk semua materi tadi hinga hingga merata . Setelah itu tutup terpal atau kawasan pembuatan hingga menjadi kedap oleh udara . 
  7. Proses pembuatan pakan fermentasi untuk entok sedang berlangsung , tunggu hingga kurang lebih hingga 3 jam pakan fermentasi ini jadi dan siap diberikan kepada ternak entok anda. atau bisa digunakan hari berikutnya.
Pakan diberikan 3 kali sehari, pagi siang dan sore.

Jika kita menguasai pemeliharaan terutama, pakan. perjuangan entok jadi semakin gampang untuk diterapkan, alasannya yaitu kucni suksesnya yaitu dipemberian pakan.

Lalu berapa bijaknya seorang pemula memelihara entok?

Jawabannya yaitu Menyesuaikan modal, namun jikalau galau anda bisa memelihara 10-20 ekor. Perlu anda ketahui entok termasuk binatang yang rakus menyerupai halnya bebek. jadi makannya banyak. Kaprikornus kalau belum pernah miara entok tentu akan sedikit kaget.

Setelah memilih jumlah yang akan dipelihara anda bisa menyiapkan modal untuk membeli bibit entok. Jikan anda konsen untuk penggemukan, anda cukup membeli entok umur sehari atau DOE sejumlah 20 ekor, harga meri entok per ekor mencapai 10.000 per ekor.

Meri dipelihara dikandang dengan penghangat dan diberi pakan konsentrat hingga umur 1 bulan, sehabis itu bisa diberi pakan pakan alternatif. Pembesaran entok hingga bisa panen mencapai 4-5 bulan. Kaprikornus cukup usang teman, namun perlu anda ketahui, harga entok mahal dibanding bebek, ayam dll. hampir 2 kali lipatnya.

Namun jikalau anda lebih konsen ke pembibitan atau perbanyakan, anda bisa membeli 3 ekor betina dengan 1 ekor betina sudah cukup. entok jantan bisa mengawini 3-4 betina sekaligus dalam waktu kawin. Kaprikornus tidak perlu berpasang pasangan.

Entok betina akan bertelur hingga 8-12 butir per periode mengeram selama 28 hari dengan daya tetas 90%. Jika induk 3 berarti dalam 2 bulan anda memilik kiranya 24-30 ekor anak entok yang siap dibesarkan atau dijual.

Kalau anda mempunyai modal anda bisa memelihara dalam jumlah banyak sekaligus.

Kelebihan perjuangan ternak entok ini yaitu entok termasuk ewan dengan daya tahan tinggi, tidak menyerupai ayam dan angsa yang rentan terhadap virus. 
loading...

0 Response to "Usaha Ternak Entok Cepat Panen Pakai Pakan Alternatif"

Posting Komentar